10 Hal Penting dan Wajib dibawa saat Piknik dan Travelling



Persiapan Travelling - Kebutuhan liburan merupakan hal atau moment yang penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan supaya otak menjadi fresh dari kepenatan kegiatan sehari-hari. Liburan tidak harus jauh-jauh seperti ke taman, ke mall, dan sebagainya.

Akan tetapi bagi Anda yang akan pergi liburan atau piknik jauh mislanya ke luar kota dan dalam jangka waktu yang lama tentu membutuhkan berbaga persiapan. Persiapan tersebut seperti akomodasi, baju yang akan dibawa, tempat menginap, dan masih banyak lagi.

Saat bepergian jauh tentu kita membawa banyak barang. Akan tetapi, terkadang akan merasa repot karena barang bawaan yang terlalu banyak. Untuk itu, sebelum melakukan travelling Anda harus mempersiapkan hal penting dan wajib dibawa. Benda-benda tersebut antara lain:

1. Kebutuhan utama

Benda pertama yang wajib dibawa saat bepergian atau travelling adalah beda yang biasanya digunakan sehari-hari atau kebutuhan utama. Kebutuhan utama tersebut meliputi alat ibadah, pakaian, pakaian dalam, handuk, peralatan mandi (sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi), serta alas kaki (sandal atau sepatu).

Apabila Anda mengajak anak bayi atau anak kecil maka pastikan Anda juga membawa popok, baju salin di perjalanan, tisu basah, hingga mainan favorit untuk menemani selama perjalanan yang lama.

Pakaian yang Anda bawa juga harus disesuaikan dengan lokasi liburan yang akan dituju. Misalnya jika Anda pergi ke daerah yang panas maka pastikan Anda membawa baju yang dapat dengan mudah menyerap keringat. Sedangkan jika Anda pergi ke daerah dingin maka pastikan Anda membawa baju tebal seperti jaket, sweater, dan selimut.

2. Peralatan P3K dan Obat-obatan

Peralatan P3K dan obat-obatan juga harus turut serta dibawa. Terlebih lagi saat Anda pergi secara rombongan maka Anda harus menggunakan peralatan P3K yang cukup simpel seperti obat merah, plester, antiseptik, salep luka bakar, salep gatal, perban, kompres, dan sebagainya.

Sedangkan obat-obata yang eprlu dibawa sata pergi travelling yaitu obat-obatan yang sering Anda konsumsi sehari-hari. Selain obat-obatan penting, Anda juga harus menambahkan obat sakit kepala, pereda nyeri, obat flu dan batuk, obat skait maag, obat diare, tetes mata, dan obat mual perjalanan.

3. Lotion

Indonesia merupakan engara yang memikiki iklim tropis sehingga rawan terkena pancaran sinar matahari yang menyengat. Untuk mengantisipasi supay kulit Anda tidak terbakar sinar matahari maka Anda harus menggunakan lotion yang mengandung sunblock UV setidkanya 30 SPF. Terlebih lagi saat acara liburan Anda kebanyakan di luar seperti alam.

Selain sunblock, Anda juga harus menyiapkan lotion anti nyamuk. Saat digigit nyamuk membuat aktivitas kita terhambat. Apalagi apabila nyamuk yang hinggap di tubuh kita adalah jenis nyamuk yang berbeda seperti Aedes Aegepty dan Anopheles.

4. Makanan dan minuman

Saat Anda akan melakukan perjalanan jauh maka pastikan Anda membawa makanan dan minuman yang pas. Hal ini bertujuan untuk menghindari sering berhenti di tempat makan. Di perjalanan juga Anda tidak tahu apakah makanan dan minuman yang Anda beli sehat atau tidak.

Usahakan makanan dan minuman yang Anda bawa tidak termasuk makanan yang cepat basi dan ribet untuk dimakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut selama perjalanan. Minuman yang Anda bawa sebaiknya tidak mengandung alkhol. Hal ini dilakukan untuk menghindari mual dan muntah karena mabuk perjalanan.

Usahakan juga Anda cukup minum selama perjalanan untuk menghindari dehidrasi. Saat Anda bepergian dengan rombongan dan sudah ada pihak travel, maka Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan pihak travel sudah memberikan Anda akomodasi makanan dan minuman selama perjalanan.

Bagi Anda yang menderita penyakit tertentu yang berkaitan dengan pola makan maka pastikan Anda membawa makanan sendiri atau memilih makanan yang sesuai supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Alat komunikasi

Saat bepergian maka tak afdol apabila kita tidak menggunakan Handphone. Selain untuk alat komunikasi, handphone juga berfungsi sebagai teman selama perjalanan. Handphone juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik, mengabadikan momen dalam bentuk gambar atau video.

Apabila Anda sedang bepergian jauh maka usahakan Handphone Anda memiliki baterai yang cukup. Tak lupa pula Anda harus membawa charger atau power bank untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu baterai handphone Anda habis.

6. Alat pelindung dari Sinar Matahari

Selain sunblock untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari, Anda juga membutuhkan peralatan lain. Peralatan yang dapat Anda gunakan untuk melindungi diri dari sinar matharai seperti topi, kacamata hitam, dan payung. Payung tidak hanya berfungsi untuk melindungi diri dari panas matahari, melainkan juga dapat digunakan saat tiba-tiba turun hujan.

7. Karpet atau Tikar

Saat Anda melakukan perjalanan untuk liburan di alam terbuka seperti taman atau pantai maka Anda dapat membawa karpet atau tikar. Sebenarnya baisanya di lokasi tersebut sudah disediakan karpet atau tikar sendiri. Akan tetapi, lebih enak untuk membawa karpet atau tikar sendiri.

Pastikan Anda membawa karpet atau tikar yang mduah untuk dibawa dan dilipat. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak kerepotan saat membawanya. Apabila di kendaraan yang Anda gunakan untuk bepergian masih memiliki tempat maka Anda dapat juga membawa kursi lipat kecil.

8. Bantal kecil

Biasanya saat piknik di alam terbuka sering goleran di atas tikar atau karpet. Supaya rebahan Anda lebih nyaman Anda juga dapat membawa bantal kecil sebagai pelengkap. Terlebih lagi saat Anda membawa anak kecil yang masih memerlukan bantal saat tidur.

9. Alat Pembersih

Saat liburan rentan tangan memegang berbagai benda yang tanpa disadari mengandung banyak kuman. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan alat kebersihan seperti tisu kering dan tisu basah.

Selain itu, tisu juga digunakan untuk memberishkan hal-hal yang kotor seperti ketumpahan minuman dan sebagainya. Atau saat anak-anak Anda berkeringat karena berlarian kesana kemari maka dapat keringat dapat diusap dengan tisu.

Selain tisu, Anda juga dapat menggunakan hand sanitizer untuk lebih menjamin kebersihan. Sehingga pulang dari liburan, keluarga Anda sehat tanpa terkena penyakit yang berarti.

10. Plastik atau kardus untuk Sampah

Saat bepergian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan. Terlebih lagi saat perjalanan panjang dimana orang-orang makan dan minum di mobil. Maka harus disediakan tempat sampah untuk membuang sampah. Nantinya sampah yang terkumpul dapat Anda jadikan satu dan buang di tempat sampah yang telah disediakan.

Anda juga harus memastikan bahwa mobil Anda tetap bersih sehingga tidak akan ada semut atau kecoa yang dapat mengganggu perjalanan liburan. Demikianlah 10 hal yang wajib dan penting untuk Anda bawa saat sedang liburan. Pastikan juga tubuh Anda sehat, alat transportasi yang aman, hingga tempat liburan yang sudah dijadwalkan dengan baik.

Posting Komentar untuk "10 Hal Penting dan Wajib dibawa saat Piknik dan Travelling"